breaking news New

Bermain Menggunakan Strategi dengan Berfikir Matang Untuk Menang, Sejarah Permainan Catur !

Permainan Catur memiliki sejarah yang panjang dan bertahap. Permainan ini telah berubah sedikit dari bentuknya yang paling awal di Inegara ndia.
Catur, permainan yang kita tahu sekarang, berasal dari permainan chaturanga di negara India sebelum tahun 600-an Masehi. Lalu permainan ini menyebar ke seluruh benua Asia dan Eropa selama berabad-abad yang akan datang pada akhirnya permainan ini berkembang menjadi apa yang kita kenal sebagai catur pada abad ke-16. Salah satu master catur pertama dari permainan catur ini adalah seorang pendeta Spanyol bernama Ruy Lopez. Ruy Lopez menganalisis permainan catur dalam sebuah buku yang dia terbitkan pada tahun 1561. Teori catur sangat primitif saat itu sehingga Lopez menganjurkan strategi bermain dengan matahari di mata lawan.
Gelar kejuaraan dunia resmi muncul pada akhir abad ke-19, tak lama setelah turnamen besar pertama yang diadakan dengan berbagai gaya permainan seiring berjalannya waktu mulai berkembang sepenuhnya. Meskipun buku pertama tentang pembukaan diterbitkan pada awal tahun 1843, teori seperti yang kita ketahui tidak benar-benar berkembang sampai awal dan pertengahan abad ke-20.
Teori catur bergerak sangat cepat hingga pertengahan abad ke-18. Pada tahun 1749, Master Prancis yang bernama Francois Andre Philidor menerbitkan bukunya yang berjudul Analyze du jeu des checs. Buku ini membahas beberapa ide dalam permainan catur dan juga berisi pertahanan Philidor yang terkenal dalam permainan akhir benteng dan bidak. Sebuah teknik permainan akhir yang masih digunakan sampai sekarang. Pernyataan Philidor yang terkenal bahwa "Pion adalah jiwa catur" pertama kali diperkenalkan ke dunia dalam buku tersebut.
Catur terus mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan pada pertengahan abad ke-19 standarisasi set catur terjadi. Sebelum tahun 1850-an set catur tidak seragam sama sekali. Pada tahun 1849, Jaques of London selaku produsen permainan dan mainan memperkenalkan potongan gaya baru yang dibuat oleh Nathaniel Cooke. Potongan yang sama ini didukung oleh Howard Staunton, pemain terhebat pada masanya. Gaya potongan baru ini, yang dikenal sebagai pola Staunton, langsung menjadi populer dan digunakan dalam turnamen dan klub di seluruh dunia. Potongan Staunton, dan variasi kecilnya masih dianggap sebagai standar untuk set catur turnamen.