breaking news New

Mengenal Tari Adat Tradisional Dari Jawa Tengah

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya. Budaya di Indonesia dapat kita lihat dari lagu tradisional, bahasa lokal, pakaian, hingga adat yang sudah menjadi tradisi di suatu daerah. Setiap provinsi pastinya memiliki ciri khas nya masing-masing. Khususnya tarian tradisional yang berasal dari berbagai kota di Jawa Tengah. Berikut adalah beberapa tarian tradisional khas Jawa Tengah yang harus kamu ketahui.

1. Tari Gambir Anom
Gambir Anom adalah seni tari dari Jawa Tengah yang bertemakan percintaan. Dalam tari ini digambarkan kebiasaan seseorang yang jatuh cinta, yang salah satunya suka berdandan. Ada gerakan seolah sedang mengatur rambut dan alis, berbedak, hingga mengatur pakaiannya. Sesuai dengan namanya, kisah yang diusung dalam tarian ini adalah tentang petualangan cinta Gambir Anom atau Irawan putra Arjuna.

2. Tarian Bondan
Tarian Bondan berasal dari Jawa Tengah. Tarian ini menggambarkan kasih sayang seorang Mama kepada anaknya. Karena nilai yang diusungnya, dalam sejarahnya dijadikan tarian wajib bagi para perempuan-perempuan desa. Tarian ini dilihat dari jenisnya, yang masing-masing mewakili keadaan, perasaan, perjuangan serta tingkah laku seorang Mama.

3. Tarian Bedhaya Ketawang
Tarian Bedhaya Ketawang adalah tarian klasik asal Keraton Surakarta. Sebuah kesenian adiluhung yang hanya dipertunjukkan untuk pementasan khusus dan sangat resmi, yakni saat Hari Peringatan Kenaikan Tahta atau Tingalan Dalem Jumenengan.

Tarian sakral ini menggambarkan hubungan asmara antara Ratu Kidul dengan Raja-raja Mataram yang diwujudkan dalam gerakan-gerakan tangan, dan seluruh bagian tubuh. Karena sangat sakral, semua penari yang jumlahnya sembilan haruslah seorang gadis suci dan tidak haid. Bahkan, para penarinya harus puasa beberapa hari sebelum pementasan. Persyaratan ini dilakukan karena konon saat latihan, Ratu Kidul akan mendatangi penari yang gerakannya salah.

4. Tari Serimpi Sangupati
Tari Serimpi adalah tari-tarian yang ada di Keraton Yogyakarta dan Keraton Surakarta. Di Surakarta, salah satu tarian Serimpi adalah Serimpi Sangupati yang lahir pada zaman penjajahan Belanda. Maka dari itu, cerita yang diambil dalam tari ini adalah tema perjuangan.

Tarian ini menceritakan bagimana perjuangan melawan Belanda. Keunikan Tari Serimpi Sangopati ini adalah menggunakan properti pistol, dengan menggunakan busana sampir putih yang melambangkan kesucian dan ketulusan penari. Tarian ini juga mengisyaratkan kelembutan yang terlihat dari gerak dan pengiringnya.